Sabtu, 17 Oktober 2009

Cara Memperpanjang SIM


sumpah baru tau ada yang kayak gini...

Mau bagi info aja buat kalian yang mau memperpanjang sim*kalau mau bikin baru caranya kurang lebih kok* di Poltabes Samarinda.

Yang pertama pastinya datang ke Poltabes terus parkir kendaraan..*hehehe....penting enggak* tapi sebelumnya siapkan fotokopi ktp dan foto berwarna tapi jangan yang ukuran postcard ya..yang umum-umum aja dan untuk yang ingin memperpanjang/memperbarui bawa sim yang lama

Yang ke dua*kok kayak lagu* keluar dari Poltabes menuju sebuah gang terus jalan ketika ada rumah di kanan atas masuk terus bilang deh mau bikin surat kesehatan buat sim bayarnya sekarang Rp 15.000

Abis itu atau yang ke tiga balik ke Poltabes masuk ke ruangan tempat bikin sim ambil map biru yang di depan meja bertuliskan tempat formulir sim. Masukkin deh tuh surat keterangan dokternya kasihkan deh ke petugasnya kemudian duduk dan tunggu nama kalian di panggil

Yang ke empat. Tak lama kemudian nama kalian di panggil dan ditanya maunya apa, cari perkara atau iseng..ya bukankah. Tapi bikin baru atau memperpanjang. Abis itu kalian akan diberi kertas dan disuruh membayar di bank sebelah. Yang bikin baru 75ribu kalau memperpanjang 60ribu.

Ke lima. Setelah membayar balik lagi ke meja petugas yang tadi untuk memberikan bukti pembayaran. Kemudian kalian akan diminta untuk mengisi formulir. Isi deh dan jangan lupa keterangan yang di depan map juga kudu diisi.

Ke enam. Serahkan berkas tersebut ke petugas di meja yang bertuliskan tempat pengumpulan formulir atau berkas. Tunggu namanya di panggil. Kalo udah di panggil untuk yang memperbarui di suruh ngambil nomor antrian. Alatnya di samping kalian. Kalau yang baru mungkin disuruh ke kantor yang di bawah untuk test tertulis abis itu ujian praktek. Baru ngambil nomor

Ke tujuh. Tunggu aja di kursi yang menuju pintu keluar sampai nomor kalian di panggil. Masuk ke dalam buat sesi foto.

Yang terakhir tunggu lagi diluar sampai nama kalian di panggil untuk mengambil sim baru kalian.
Selesai deh...

ps: maklum baru memperbarui sim sih....

Comments :

10 tanggapan to “Cara Memperpanjang SIM”

jadi biaya yang dikeluarkan untuk perpanjang adalah 15000 + 60000 = 75000.
betul khan kak ??
atau masih ada biaya lain lagi.....

aji mengatakan...
on 

perpanjang sim buat narik becak di mana ya ??
*sambil goes-goes + ngos-ngossan

komuter mengatakan...
on 

berkunjung.....
wah, jadi tertarik untuk memperpanjang sim nih, tapi beli sim-nya di mana yah, terus kira-kira yang bagus panjangnya berapa meter yah ??
xixixixixixi

javanese mengatakan...
on 

@aji: yak seratus...
@komuter: emang ada?.. kikiki
@javanese: coba aja di toko depan sapa tau ada...beli aja dulu 1m kalo cocok boleh nambah...hahaha

Oca mengatakan...
on 

Hallo..salam kenal dulu dech!
Oiya, saya kebetulan juga sudah memiliki SIM, bahkan sudah lama sekali, sebentar lagi malah sudah akan habis, perlu diperpanjang seiring dengan datangnya hari ulang-tahun saya.

Waktu mengurus SIM dulu saya juga mengikuti prosedur yang semestinya, meskipun harus beberapa kali mengikuti ujian ulang, karena gagal dalam ujian praktek. Tapi akhirnya lolos juga. Thanks to God.

Prosedur pengurusan SIM, pastinya juga standart secara nasional. Dan lamat-lamat saya ingat, prosesnya juga persis sama dengan yang Anda sampaikan.

Menurut kesaksian teman-teman saya yang kini baru saja mengurus SIM, prosedurnya sama, tetapi lebih ketat aplikasinya, gak bisa negosiasi, terutama setelah Jendral Sutanto menjadi kapolri, kepolisian menjadi lebih prosfesional katanya.

Semoga untuk pelayanan publik yang lain juga semakin pendek birokrasinya, tidak berbelit-belit, sehingga memudahkan kita semua.

Trims, gitu aja dulu dech!

pelangi anak mengatakan...
on 

Masa berlaku SIM-nya masih lama nih :-D

kips mengatakan...
on 

wah..saya datang lagi...

mba oca..kalo di Samarinda bikin SIM dimana yah?..
trus apa harus pake KTP samarinda?...
duhduh..mohon bantuan yah..

muamdisini mengatakan...
on 

hha, sim aku masih berlaku 2 taon kedepan..
2taon lagi biaya naek ga yaa :D

bhogey mengatakan...
on 

@muam: poltabes Samarinda di jl. Bhayangkara deket sma 1. Aq kemarin pake ktp nasional.

Oca mengatakan...
on 

lumayan, informative. bahasa interaktif

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar

semua tanggapan yang kalian berikan akan dimoderasi terlebih dahulu ya...............................